Cara jualan di Google menggunakan teknik SEO dengan modal minim

Cara jualan di Google itu sebenarnya mudah. Tentu saja jika anda tahu caranya. Dan untuk tahu caranya, anda cukup baca dan pahami tulisan kami ini.
cara jualan di google

Saat ini Jualan tidak sesulit dulu. Door to door.

Sekarang, ada banyak channel pemasaran online yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan pembeli. Salah satunya Google, anda hanya perlu tahu bagaima cara jualan di Google agar mendapatkan pembeli pertama anda.

Untuk anda yang tidak ingin bayar iklan, Google organik adalah jawabannya.

Menggunakan google organik kita hanya perlu mengoptimasi website agar masuk halaman 1 Google dan kemudian pembeli berdatangan melalui website kita.

Bagaimana caranya, itulah yang ingin kita bahas pada kesempatan ini.

Tahapan Jualan di Google

Sebelum kita masuk bagaimana cara jualan di google, ada baiknya kita tahu apa saja tahapan-tahapan yang harus kita lakukan.

Tentu saja agar anda mendapatkan gambaran besarnya.

1. Buat website / landing page

Sebelum anda mulai jualan di google, hal pertama kali yang harus disediakan adalah halaman arahan. Blog, website dan landing page bahasa kerennya.

Ini ibarat toko dalam dunia offline.

Tempat anda memajang barang dan jasa yang ditawarkan, tempat calon buyer menuju/berkujung ketika mereka berminat membeli produk anda.

Berita baiknya, sekarang membuat landing page jauh lebih mudah dan murah.

Bahkan, jika anda bisa meluangkan sedikit waktu. Anda bisa membuatnya sendiri dengan hasil yang tidak jauh beda dengan profesional.

2. Buat penawaran

Ya, agar calon pembeli tahu apa yang anda jual dan tawarkan, anda harus membuat penawaran menggunakan website maupun landing pages.

Tawarkan apa masalah yang akan di selesaikan oleh produk anda.

Jika anda tidak tahu bagaimana cara menawarkan produk dan jasa dengan baik dan benar, kami sarankan anda untuk baca-baca artikel seputar copywriting.

Ini akan membantu anda membuat penawaran yang mumpuni.

3. Promosikan

Langkah ketiga mempromosikan website.

Karena kita tidak ingin bayar iklan Google, maka kita bisa menggunakan teknik promosi gratis menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

Optimasi website agar masuk halaman 1 Google saat ada yang cari.

Hanya saja, menggunakan teknik organik ini butuh waktu yang cukup lama. Tergantung seberapa berat persaingan produk yang anda jual.

Jika anda termasuk yang sabar dan budget terbatas, kami sarankan untuk menggunakan teknik promosi gratis ini. Tapi jika tak sabaran, maka cukup bayar iklan google saja.

Untuk membantu anda melakukan promosi secara efektif, kami sarankan anda untuk belajar bagaimana cara mencari kata kunci di Google, lihat panduan tersebut.

Cara jualan di Google menggunakan SEO

cara jualan di google  budget pas-pasan

Anda sudah tahu apa saja tahapan yang harus dijalani jika ingin melakukan promosi produk melalui Google, sekarang kita masuk cara melakukan SEO.

Jika anda memutuskan untuk melakukannya sendiri, maka luangkanlah waktu untuk mempelajari detail teknisnya.

Namun, jika anda tidak ingin repot, bisa menggunakan Jasa Konsultan SEO.

Baik, kita bahas langkah melakukan SEO di Google.

1. Evaluasi Technical SEO

Technical SEO adalah segalah sesuatu yang berkait dengan masalah teknis dari website anda. Seperti Error, Broken link, redirect dan lain sebagainya.

Anda harus memastikan tidak ada masalah teknis di website anda.

Karena banyak website gagal masuk halaman 1 Google karena terdapat banyak masalah teknis di websitenya, dan owner website tidak menyadarinya.

Jadi, coba evaluasi website anda sebelum di mulai SEO-nya.

Pastikan semua masalah teknis dari website anda sudah di selesaikan dengan baik, sehingga tidak menganggu kinerja SEO kita.

2. Onpage SEO

Setelah masalah seo teknis teratasi, barulah kita masuk tahapan Onpage SEO.

Onpage SEO adalah perlakuan yang kita lakukan pada website yang berhubungan dengan website itu sendiri. Mulai dari konten, meta title, meta deskripsi dan url website.

Tujuan utama dari onpage SEO ini agar Google mudah memahami konteks dari website kita sehinga diberikan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Misalnya untuk konten, buatlah artikel dengan struktur yang baik.

Pastikan judulnya menggunakan Heading 1 (H1), kemudian subjudul dengan heading 2 (H2) dan begitu seterusnya.

Untuk heading 1 cukup gunakan sekali saja, jangan lebih.

Selain itu gunakan juga LSI untuk memperkaya konten anda dan Google semakin mudah memahami konteks dari halaman website anda.

3. Off-Page SEO (Link Building)

Gambar: Link Building

Tahapan ketiga ini adalah backlink.

Backlink ini kita butuhkan untuk memberikan trigger (pemicu) pada google agar website kita diberikan peringkat lebih baik dibanding yang lain.

Tapi, pastikan technical seo dan onpage seo sudah tuntas.

Untuk backlink ini sebenarnya banyak jenis dan beda-beda kualitasnya. Kami sarankan untuk hanya menggunakan backlink berkualitas saja.

Salah satu backlink berkualitas adalah backlink pbn.

Backlink PBN adalah backlink yang berasal dari blog yang kontennya relevan dengan topik website kita, sehingga peringkat website naik dengan mudah dan cepat.

Saat ini ada banyak sekali penyedia Jasa Backlink PBN ini, salah satunya adalah Zen Magazine ini, harga pbnnya relatif murah dan terjangkau.

Terakhir

Itulah tahapan cara jualan di Google. Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait dengan SEO, bisa kunjungi Kaffah Academy dihalaman Belajar SEO.

Disana akan dijelaskan tentang SEO lebih detail lagi.

Kami berharap tulisan singkat ini berguna dan bermanfaat untuk anda yang berencana mulai jualan online di Google.

Selamat praktek dan terimakasih.

Default image
Mr. Zen
Hi, Zen Magazine hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, Layanan Optimasi website serta tips-tips dasar untuk pemula.
Articles: 10

Leave a Reply