12 Cara SEO Website WordPress yang harus di ikuti Pemula

Setidaknya ada 12 Cara SEO Website WordPress yang bisa kita lakukan untuk memastikan website masuk halaman pertama Google tahun 2022 nanti.
cara-seo-website-wordpress
@pexels

Banyak pemilik website yang masih bingung bagaimana cara SEO website yang benar, terutama SEO website WordPress sebagai platform yang cukup dikenal.

Jika anda adalah salah satu dari mereka, mungkin panduan dibawah ini bisa jadi rujukan.

Agar tidak terlalu panjang, mari langsung kita bahas sama-sama.

1. Gunakan https

Ada banyak manfaat ssl pada website kita.

Selain memberikan rasa aman pada pengunjung website, ssl juga diyakini bisa meningkatkan kinerja SEO website di pencarian Google.

Bahkan beberapa waktu lalu memasukannya sebagai bagian penting dari factor peringkat website di Google, jadi jangan sampai ktia mengabaikannya.

Berita baiknya, kita bisa menggunakan ssl secara gratis maupun berbayar. Kebanyakan shared hosting memberikan layanan ini secara gratis.

Setelah anda menginstall https di website anda, sangat disarankan untuk mengarahkan url lama ke url baru. Dari http ke https.

Untuk melakukan ini bisa menggunakan .htaccess maupun plugin.

2. Pastikan Loading Halaman Cepat

Rasanya tidak ada diantara kita yang sukarela menunggu website yang loadingnya lama. Jika website tidak terbuka dalam hitungan beberapa detik, kita langsung tutup.

Itulah kebiasaan umum dari pencari informasi.

Akhirnya Bounce Rate naik tajam. Jika ini terjadi maka harapan untuk bisa masuk halaman pertama Google akan sirna. Karena Google tahu bahwa website kita layak tampi di page 1 Google.

Itulah mengapa kita harus memastikan website kita cepat.

Sebenarnya ada banyak elemen yang membuat sebuah website lambat atau cepat. Seperti Hosting, themes yang digunakan, gambar serta elemen desain website kita.

Beberapa waktu lalu kami punya klien yang loading websitenya sangat lama karena menggunakan ukuran gambar yang sangat besar. Akibatnya, ranking website tidak kunjung naik.

Akan tetapi, sebulan setelah optimasi gambar, ranking naik hingga page dua.

3. Targetkan keyword potensial

Sebelum kita mulai membuat konten website, hal utama yang harus dilakukan adalah riset keyword. Agar kita tidak salah optimasi kata kunci.

Setidaknya, ada 2 benefit melakukan riset kata kunci.

Pertama, mengetahui volume pencarian bulanan sebuah kata kunci. Kedua, mengetahui level persaingan sebuah kata kunci. Sehingga kita tidak salah optimasi.

Percuma kita masuk halaman pertama Google jika tidak yang mencari menggunakan kata kunci yang kita optimasi di halaman website tersebut.

Juga sia-sia optimasi kata kunci jika akhirnya tidak berhasil masuk halaman pertama Google.

Itulah mengapa kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat konten website. Beberapa waktu lalu kami juga sudah membuat postingan cara mencari kata kunci.

Silahkan dibaca dan dipelajari.

4. Optimalkan Search Intent

Google sangat paham bahwa tidak ada orang yang mau mengeklik postingan seputar “produk” pada hasil pencarian “cara membersihkan kaca mobil”.

Karena pada saat itu sebenarnya pencari informasi sedang berada pada mode belajar, bukan berada pada mode pembelian (transaksional).

Atau sebaliknya. Orang juga tidak akan klik postingan “cara membersihkan kaca mobil” jika mereka sedang mencari “produk pembersih jamur kaca”.

Mereka berada pada mode pembelian (transaksi), bukan belajar.

Nah, kita sebagai praktisi SEO yang harus paham betul hal ini. Mereka menamai hal ini dengan search intent. Faktor yang melatar-belakangi seseorang melakukan pencarian.

Postingan kita harus bisa menjawab search intent dengan baik.

Jika kita bisa menjawab pertanyaan ini dengan tepat, maka peluang kita masuk halaman pertama akan semakin besar.

5. Targetkan keyword yang bisa anda menangkan

Pada bahasan sebelumnya sudah kita singgung bahwa kita harus melakukan riset keyword untuk mengetahui seberapa berat persaingan sebuah keyword.

Nah, proses tersebut berguna bagi kita pada tahap ini.

Sebaiknya kita bisa mengukur kemampuan dan sumber daya yang kita miliki. Karena ini semua berpengaruh pada hasil yang bisa kita capai.

Itulah mengapa kami sangat menghindari head to head dengan kompetitor yang memiliki sumber daya yang besar di satu sisi dan pengetahuan yang mumpuni disisi yang lain.

Kami menyarankan untuk mencari kata kunci yang persaingannya tidak terlau berdarah-darah, tapi volume pencariannya tetap bisa di andalkan.

6. Optimalkan Keyword Placement

Untuk bisa masuk halaman pertama Google tentu dibutuhkan strategi tertentu, salah satunya terkait dengan keyword placement.

Banyak praktisi SEO yang menyarankan agar kita menempatkan kata kunci pada 3 tempat ini, pertama di tag judul, url halaman dan kemudian pada  judul halaman (H1).

Hanya saja jangan berlebihan. Tempatkan keyword dengan bijak.

7. Optimasi Url Website

Selain menyertakan kata kunci utama di url website, sebaiknya kita juga membuat url website yang benar-benar user friendly.

Jangan terlalu panjang tapi tetap deskriptif.

Banyak praktek SEO yang membuat url website terlalu panjang sehingga membuat user terganggu. Apalagi mereka ingin mengunjungi website secara langsung.

8. Buat Meta Tag dan Judul yang menarik

Salah satu sinyal ranking website di Google adalah CTR, semakin bagus CTR semakin besar peluang halaman website kita naik hingga halaman pertama Google.

Untuk mencapai CTR yang bagus kita harus membuat meta tag dan title tag yang benar-benar mampu mendorong klik pencari informasi.

meta deskripsi dan title tag
Meta Deskripsi dan Title Tag

9. Optimasi Gambar

Ada 2 pendekatan kenapa optimasi gambar penting untuk dilakukan.

Pertama karena gambar mempengaruhi kecepatan website saat dibuka, terutama di perangkat mobile. Kedua karena gambar membuat halaman website semakin kaya informasi.

Agar halaman cepat dibuka, gunakanlah gambar yang tidak terlalu besar. Sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan oleh website kita. Misalnya 400 x 800 px

Jangan upload gambar dengan ukuran besar hingga mencapai 1 MB bahkan lebih. Jik terlalu besar, kompress menggunakan plugin atau tool kompress gambar online seperti tinypng.

Gambar berat jelas membuat halaman website lambat saat dibuka. Dan pada akhirnya mempengaruhi kinerja SEO website WordPress kita.

Kedua, dengan adanya gambar di website kita maka halaman website semakin kaya akan informasi, berguna untuk pencari informasi.

Hanya saja, kita harus menyertakan alt text pada gambar tersebut.

Agar pada saat gambar tidak berhasil loading karena berbagai hal, kita tetap bisa melihat alt text ini sebagai informasinya.

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara optimasi gambar, kami juga pernah menerbitkan panduan ini di Salman Blog.

10. Tulis konten yang lengkap

Sebelumnya kita sudah bahas bahwa kita harus menulis artikel yang benar-benar sesuai dengan intent keyword, jangan sampai berbeda.

Karena intent sangat besar pengaruhnya pada kinerja SEO.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah cakupan dari artikel kita. Semakin lengkap dan menjawab pertanyaan user semakin bagus.

Usahakan jangan sampai ada informasi yang hilang dan tidak didapatkan oleh pengunjung website kita. Karena itu akan memberikan user experience yang berbeda.

11. Optimasi Internal link

Banyak praktisi SEO yang terlalu focus mengakuisisi external link.

Mulai dari Beli PBN hingga menggunakan teknik guest post dan content placement. Hanya saja, ini saja ternyata belum cukup.

Ketika kita melakukan internal link secara efektif maka kita akan mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar dari sisi SEO. Ranking website akan lebih mudah naiknya.

Banyak praktisi SEO pemula yang mengabaikan hal ini.

12. Akuisisi banyak backlink

Terakhir jangan lupa untuk terus mengakuisisi backlink berkualitas yang baru. Tambah terus referring domain agar semakin otoritas dihadapan Google.

Ada banyak penyedia Backlink PBN yang bisa anda gunakan.

Atau kalau anda menggunakan Jasa Optimasi Website dari Agency tertentu, biasanya mereka juga sudah memberikan backlink secara rutin.

Akhir Kata

Satu hal yang harus kita ketahui dalam melakukan proses optimasi website.

Kita harus paham betul bahwa SEO bukanlah tindakan yang didominasi oleh satu hal saja. Ada banyak sekali factor ranking website yang harus kita perhatikan.

Mengoptimalkan setiap elemen faktor ranking website akan membantu kita mencapai target masuk halaman pertama Google dengan mudah.

Default image
Hidayat Mundana
Hi, Zen Magazine hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, Layanan Optimasi website serta tips-tips dasar untuk pemula.
Articles: 20

Leave a Reply