8 Metrik Backlink Website Kualitas Tinggi

Ada banyak indikator sebuah backlink dikatakan berkualitas. Kita menyebut indikator ini dengan Metrik. Lalu apa saja Metrik Backlink Berkualitas menurut Zen Magazine
Metrik Backlink Website

Jika teman teman sudah cukup lama menekuni SEO mungkin beberapa metrik backlink website di bawah ini sudah tidak asing lagi.

Namun bagi teman-teman yang relative masih baru, mungkin mengetahui beberapa metrik backlink berkualitas dibawah ini perlu diketahui.

Karena pada banyak kasus mereka dijadikan acuan utama apakah sebuah backlink bagus atau tidak untuk sebuah website. Dijadikan ukuran sebelum menggunakannya.

Bahkan para penjual backlink PBN pun menjadikan ini sebagai elemen penting.

Pada kesempatan ini kita akan bahas beberapa metrik backlink website yang sering digunakan praktisi SEO untuk menilai backlink tersebut bagus atau tidak.

Mari kita bahas dibawah ini.

1. Rasio Distribusi Backlink

Normalnya, sebagian besar backlink yang kita dapatkan selalu diarahkan ke home. Jarang sekali yang memberikan backlink ke inner-pages.

Bahkan kami sendiri juga sering melakukan ini.

Jika kita yakin dan percaya dengan sebuah website, maka kita akan memberikan backlink ke website tersebut. Kecenderungannya hanya link ke homepage.

Dan ini sebenarnya sesuatu yang sangat lazim.

Hanya saja beberapa website ternyata tidak saja mendapatkan backlink ke homepage. Mereka juga mendapatkan backlink untuk beberapa inner-pages mereka.

Karena mungkin saja inner-pages ini berkualitas dan informative.

Jika ini juga terjadi pada website anda, ini artinya informasi yang ada di halaman tersebut benar-benar berguna bagi pengunjung website yang memberikan backlink.

Dan secara tidak langsung memberikan dampak positif pada website kita secara umum. Selain otoritas yang makin tinggi, trust juga akan semakin bagus.

2. % Distribusi  Exact Match Anchor Text

Pada praktek SEO masa lalu sebenarnya penggunaan Exact Match  Anchor cukup efektif mendorong ranking website agar masuk halaman pertama Google.

Hanya saja sejak kehadiran Google Penguin, SEO berubah.

Halaman website yang terlalu berlebihan mengoptimasi halaman dengan anchor text persis dengan kata kunci yang di target akan memberikan sinyal negative pada Google.

Dan ini akan berpengaruh pada ranking website.

Jika backlink website kita bersumber dari halaman seperti ini, maka berhati-hatilah. Besar peluang website kita mendapatkan hukuman dari Algoritma.

3. Jumlah Total C-Class IPs

Praktisi SEO berpengalaman tahu betul bahwa 2 backlink yang berasal dari C-class IP yang sama tidak sebaik backlink yang berasal dari c-class Ip yang berbeda.

Karena jika sebuah domain berasal dari C-Class IP yang sama, kemungkinan besar mereka berada di server yang sama. Lebih jauh lagi mungkin mereka dimiliki oleh orang yang sama.

Oleh karenanya backlink yang berasal dari C-Class IP yang sama sedikit diturunkan nilainya untuk meniadakan keberadaan jaringan manipulatif. Ini artinya, profil backlink dengan jumlah C-Class IP yang berbeda memiliki nilai yang lebih baik.

4. Total Referring Domain

Sedikit mirip dengan system penilaian menggunakan C-Class IPs

Hanya saja ini basisnya adalah domain. Karena bisa saja anda memiliki 150 backlink. Namun, 100 backlink berasal dari domain yang sama.

Ini artinya, bisa saja sebenarnya backlink anda hanya berasal dari 50 domain yang berbeda. Nilai backlink anda akan berbeda jika backlink berasal dari 100 domain berbeda.

Semakin banyak domain sumber backlink anda semakin bagus impactnya pada kinerja SEO anda dibandingkan dengan domain sumber yang lebih sedikit.

5. Citation Flow

Sebenarnya ini berasal dari pihak ketiga, dalam hal ini adalah Majestic SEO.

Banyak praktisi menilai bahwa system Citation Flow sebenarna mirip system Google waktu memberlakukan pagerank dalam menilai backlink website.

Setiap backlink yang dimiliki oleh sebuah website akan dinilai dan kemudian diukur pengaruhnya pada otoritas domain secara keseluruhan.

Banyak praktisi yang menilainya cukup valid, tapi karena ini berasal dari metric pihak ketiga, maka kita tidak bisa menjadikannya sebagai ukuran pasti.

6. Trust Flow

Ini juga metric yang berasal dari Majestic SEO.

Digunakan untuk menilai relevansi sumber backlink dengan halaman website kita yang kemudian diyakini menilai tingkat kepercayaan backlink.

7. Domain Authority

Lagi-lagi ini adalah metric yang berasal dari pihal ketiga. Dalam hal ini adalah metric domain yang dikeluarkan oleh Moz.

Jika anda tidak terlalu suka penilaian detail dan ingin mengetahui kualitas sebuah domain secara instan tanpa mengetahui prosesnya, maka DA ini bisa dijadikan acuan.

Hanya saja, sama seperti metric pihak ketiga lainnya. Kita tidak bisa menjadikan data ini secara mutlak. Karena sama sekali tidak ada kaitannya secara langsung dengan Google.

Namun tetap bisa digunakan sebagai gambaran awal.

Banyak praktisi SEO, termasuk kami yang menjadikan Domain Authority ini sebagai indicator bahwa sebuah domain bagus. Walaupun ia tidak berdiri sendiri.

Jika suatu saat anda ingin Beli Backlink PBN, cobalah lihat DA/PA domain PBN tersebut. Jika diatas 20 bahkan bisa 60, silahkan dibeli.

8. Page Authority

Page Authority juga dikeluarkan oleh Moz.

Jika Domain Authority berada pada tingkat domain, maka Page Authority berada pada tingkat halaman. Menilai seberapa otoritas sebuah halaman berdasarkan backlinknya.

Kami sering menggunakan ini sebagai pedoman awal saat ingin membangun internal link. Mengarahlan link dari halaman otoritas ke halaman lain.

Pendapat terakhir

Kita harus tahu bahwa berbagai metrik backlink website diatas tidak berdiri sendiri. Ia harus ditopang oleh banyak hal.

Mulai dari konten website berkualitas dan technical SEO yang sudah tuntas.

Sebaik apapun metrik backlink yang anda miliki, jika konten dan technical SEOnya bermasalah. Maka tetap saja akan sulit bisa masuk halaman pertama Google.

Default image
Hidayat Mundana
Hi, Zen Magazine hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, Layanan Optimasi website serta tips-tips dasar untuk pemula.
Articles: 20

Leave a Reply