6 Strategi Link Building paling berdampak untuk meningkatkan ranking website

6 Strategi Link Building paling berdampak untuk meningkatkan ranking website di Google organik, praktisi SEO pemula harus tahu
strategi link building

Strategi Link Building paling powerfull

Banyak praktisi SEO yang sepakat bahwa backlink masih menjadi salah satu factor penting dalam memicu peningkatan ranking di Google organik.

Dilain sisi, backlink juga berpotensi memberikan dampak buruk pada ranking website. Bahkan bisa memicu terjadinya tindakan manual dari tim Google.

Oleh karenanya, selain memastikan mendapatkan backlink berkualitas, kita juga harus melakukan strategi link building yang benar-benar aman dan teruji meningkatkan ranking.

Sayangnya, tidak banyak praktisi SEO yang membagikan informasi ini.

Karena bagi sebagian mereka ini adalah rahasia dapur yang harus ditutup rapat-rapat. Membagikannya pada banyak orang jelas-jelas tindakan bunuh diri.

Sama artinya membesarkan kompetitor.

Tapi tidak bagi kami. Prinsip kami semua orang bisa saja punya pengetahuan yang sama, tapi mereka punya tekad yang berbeda.

Ada yang hanya ingin tahu, tapi tidak praktek. Kadang ada juga yang praktek, tapi tidak sabaran melihat hasilnya. Ada juga yang sabar tapi terlalu banyak improvisasi

Akhirnya, hasil yang mereka dapatkan tidak sama dengan yang seharusnya.

Itulah mengapa kami tidak terlalu khawatir jika membagikan strategi link building ini pada anda. Karena pada dasarnya, kita punya rezeki yang berbeda.

Nah, dibawah ini adalah beberapa strategi link building yang bisa anda praktekan dan sudah terbukti memberikan hasil yang memuaskan.

1) Duplikasi Backlink Kompetitor

Salah satu strategi link building yang paling proven, terbukti berhasil memberikan hasil yang memuaskan adalah dengan cara duplikasi backlink kompetitor.

Yang perlu kita lakukan pertama kali mengetahui profil backlink yang dimiliki oleh competitor, mulai jumlah, kualitas, metric, strategi anchor text dan lainnya.

Ini adalah langkah penting dalam duplikasi backlink competitor.

Untuk melakukannya, kita bisa menggunakan tool backlink checker yang banyak ditemukan di internet. Baik tool cek backlink gratisan maupun berbayar seperti Ahrefs.

Data yang paling sering kami perhatikan pada proses ini diantaranya bisa anda lihat pada daftar dibawah ini.

  • Referring Domain
  • Jumlah Backlink
  • Metrik SEO (DA/PA,DR/UR, TF/CF)
  • Persentase Dofollow/Nofollow
  • Distribusi Anchor Text
  • Link Placement
  • Dan lain sebagainya.

Dengan data-data yang kita dapatkan diatas, kita bisa membaca pola link building yang dilakukan kompetitor dan kemudian merencanakan strategi terbaik bagi website kita

Satu hal yang perlu di ingat, kita tidak harus menduplikasi strategi link building sama persis, karena terkadang kondisi website kita dengan mereka berbeda.

Kita harus membuat strategi yang benar-benar cocok dengan website kita.

2) Strategi Broken Link Building

Strategi Link Building yang satu ini sebenarnya cukup ampuh memberikan impact yang signifikan pada peningkatan ranking website di Google.

Bahkan teknik ini sebenarnya tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Kita cukup menghubungi website yang memiliki halaman 404 not found, kemudian menghubungi website owner untuk menggantinya dengan link yang sudah kita siapkan.

Satu sisi kita mendapatkan backlink gratis, disisi lain mereka tetap bisa memberikan sumber konten yang ingin dirujuk untuk meningkatkan user experience pembaca website mereka.

Cuma seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, tidak banyak yang mau melakukan teknik link building yang satu ini. Karena membutuhkan tenaga waktu yang lumayan banyak.

Terutama untuk menghubungi website owner dan menyiapkan konten berkualitas, sehingga mereka bersedia mengarahkan link ke website kita.

Untuk menemukan broken link, kita bisa menggunakan tool SEO seperti Ahref dan lainnya.

3) Mendapatkan kembali Missing Link

Selain mendapatkan backlink baru, kita juga harus mempertahan backlink yang sudah pernah didapatkan. Jika backlinknya sudah hilang, maka usahakan untuk mendapatkannya kembali.

Lagi-lagi kita bisa melihatnya melalui Tool SEO seperti Ahrefs.

Sebenarnya, ada banyak factor yang membuat backlink yang sudah kita dapatkan hilang, beberapa diantaranya adalah :

  • Link diganti pemilik website
  • Halaman website sudah dihapus
  • Website sumber backlink down
  • Halaman sumber backlink tidak di index lagi

Cara yang paling umum untuk memulihkan ini adalah dengan menghubungi pemilik website. Tapi, jika anda menggunakan Backlink PBN, ini akan lebih mudah.

Cukup memperbaiki masalah diatas secara langsung.

4) Optimalkan Strategi Guest Post

Strategi Link Building menggunakan Guest Post sebenarnaya bukan saja untuk mendapatkan backlink berkualitas, tapi kadang juga mampu memberikan benefit tambahan

Seperti trafik dan brand awarness.

Jika konten yang kita terbitkan bermanfaat dan berkualitas baik, maka ini akan memberikan benefit tambahan pada website kita, trafik dan juga brand awarness.

Pembaca akan semakin yakin bahwa kita memiliki otoritas pada topik tersebut.

Oleh karenanya, kami sangat menyarankan agar saat menggunakan strategi link building menggunakan Guest Post, pastikan kontennya berkualitas.

Disisi lain, pastikan juga websitenya memiliki trafik yang lumayan.

5) Gunakan Backlink PBN Berkualitas.

Ini adalah teknik link building yang paling fleksibel.

Bahkan dari banyak strategi Link Building, sebenarnya menggunakan PBN adalah strategi yang paling sedikit membutuhkan tenaga dan waktu.

Hanya saja, kadang butuh biaya yang lebih mahal. Itu kalau kita membuat PBN sendiri.

Berita baiknya, saat ini ada banyak sekali Agency SEO yang menawarkan Jasa Backlink dengan kualitas yang lumayan bagus. Sehingga impactnya sangat terasa.

Seperti domain authority 60+, usia website diatas 3 tahun dan lainnya.

Anda bisa cari di Google, namun jika tidak ingin repot bisa menggunakan Jasa PBN yang kami tawarkan di website ini, silahkan klik link diatas.

6.  Backlink dari halaman “Daftar Terbaik”

Tidak jarang kita temukan ada website yang mengulas sebuah jasa maupun produk yang dianggap memberikan layanan dan manfaat terbaik.

Backlink seperti ini kadang ada yang berbayar, tapi sering juga gratisan.

Nah, kita tinggal menghubungi pemilik website untuk menanyakan bagaimana caranya agar website kita masuk “daftar terbaik” yang mereka buat.

Kalau untuk SEO, anda bisa cek di Clutch dan Sortlist.

Disana diulas daftar website yang menawarkan Jasa Digital Marketing, lengkap dengan jumlah karyawan, pendapatan dan data lainnya.

Apakah Link Building masih aman

Hingga hari ini masih banyak website owner yang mempertanyakan apakah kegiatan link building aman untuk website kita. Padahal, banyak pakar sudah melakukannya.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, backlink bisa menjadi “vitamin” bagi website anda. Tapi disisi lain juga bisa menjadi “racun” yang merusak ranking website.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa bukan backlinknya yang membuat website anda di pinalti Google, tapi cara mendapatkan dan memasang backlink yang salah.

Singkatnya, strategi link building yang salah.

Nah, agar website kita tidak di pinalti oleh Google. Maka kita harus melakukan strategi link building yang benar-benar tepat bagi website kita.

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi proses yang dilakukan secara konsisten.

Default image
Hidayat Mundana
Hi, Zen Magazine hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, Layanan Optimasi website serta tips-tips dasar untuk pemula.
Articles: 13

Leave a Reply